10 Bug Parah Microsoft Lumia Setelah Update Windows 10

Deteksi Gadget March 28, 2016

Beberapa Smartphone Microsoft Lumia secara resmi mendapatkan update ke Windows 10 Mobile pada Pertengahan Maret 2015, belum diketahui apakah update ini bersifat global atau tidak, yang jelas di Indonesia sendiri mendapat update ini sekitar tanggal segitu.

10 Bug Parah Microsoft Lumia Setelah Update Windows 10 s

Tapi tidak semua Smartphone mendapat update ini secara bersamaan, entah bagaimana cara mengaturnya, yang penting tergantung keberuntungan saja (mungkin :mrgreen: ) bila beruntung ya bisa cepat dapat. Untuk mengetahui Smartphone apa saja yang dapat update ini, bisa cek link ini.

Dan seperti yang sudah diduga seperti layaknya Android adalah, update ini membawa beberapa perubahan hal yang baru sekaligus membawa bug-bug yang tidak diinginkan, parah dan terkesan menyusahkan. Satu yang mengejutkan adalah banyaknya pengaturan aplikasi yang diubah ke pengaturan standar (default)

Nah, Update ini bisa didapat melalui Lumia Upgrade Advisor, update ini spesial untuk produk windows 8.1 dengan Lumia Denim yang berada di versi tertentu, kali ini kami mengumpulkan beberapa info Bug berdasarkan teman kami pengguna Lumia 640, Teman kami Ardiantoyugo pengguna Lumia 535 dan beberapa forum Lumia Online.

  1. Beberapa Game terutama yang berat-berat dan berukuran besar tidak bisa dijalankan, bila bisa dijalankan gambarnya terpotong dan navigasi nya tidak responsif.
  2. Bar navigasi utama pada perangkat yang tidak bisa disembunyikan
  3. Tidak bisa menginstal beberapa aplikasi dan game, masalah kompatibilitas menjadi perhatian serius terutama beberapa aplikasi penting yang dijalankan sehari-hari
  4. Begitu juga dengan aplikasi yang dibackup, ketika direstore sering gagal dan selalu muncul error pesan error misal “something wrong”
  5. Layar berkedip untuk beberapa aplikasi, maksudnya adalah layar tiba-tiba memutih atau menghitam selama beberapa detik ketika menjalankan aplikasi tertentu misalnya yang berhubungan dengan GPS dan jejaring sosial
  6. Hasil jepretan gambar yang agak blur, kadang-kadang ada gambar tidak terambil.
  7. Bluetooth error, masih bisa nyala tapi tidak mau terdeteksi, bila terdeteksi dia tidak mau terkoneksi ke perangkat lain.
  8. Permasalahan klasik dengan hardware, misal batere jadi boros, cepat panas dan suara yang terlalu kecil, praduga nya adalah permasalahan di svchost
  9. Bermasalah dengan outlook dan SMS, khusus SMS pesan lebih lama terkirim dan diterima
  10. Permasalahan dengan bahasa dan keyboard.

 

Poin dari 6 sampai 10 itu kami sendiri juga kurang mendapat detailnya, selain itu juga ada beberapa masalah lain diantara nya adalah tidak bisa memperbarui aplikasi, perangkat sering crash dan restart sendiri hingga data mobile yang juga error.

Bagi pengguna seri Microsoft Lumia, sebelum update ke Windows 10 ada baiknya untuk selalu mencadangkan data baik itu lewat backup kartu SD maupun cloud sebagai antisipasi kemungkinan terburuk, juga jangan lupa untuk menginstall update versi final, jangan install yang masin preview, beta, insider dll. Semoga berhasil.

Deteksigadget