Aturan TKDN Smartphone 4G jadi 30% per-2017: Harapan Produk Impor makin Kecil

Deteksi Gadget September 26, 2016

Per tanggal 1 Januari 2017, akan ada kenaikan TKDN alias Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang menjadi 30% untuk produk Smartphone / Ponsel Pintar. Kenaikan ini cukup drastis mengingat semenjadk 2012 aturannya untuk produk 4G FDD LTE masih berkisar di 20%.

Aturan TKDN Smartphone 4G jadi 30% per-2017: Harapan Produk Impor makin Kecil f

Aturan ini pertama diketok pada akhir Juni 2016 lalu, dan pengesahannya dimulai pada pertengahan September 2016 ini, adapun kejelasan regulas lengkap akan disahkan mulai Oktober nanti. Banyak produsen besar yang menunggu kejelasan regulasi ini seperti LG dan Sony.

Bila mengacu di surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri, regulasi TKDN 4G 30% ini, tata cara perhitungannya dibagi menjadi dua, yakni TKDN Hardware dan TKDN Software.

Untuk TKDN Hardware, komposisinya: manufaktur 70%, pengembangan 20%, dan aplikasi 10%. Sementara TKDN Software: aplikasi 70%, pengembangan 20%, dan manufaktur 10%.

Impor Smartphone 4G Berkualitas Jadi Makin Dikit.

Nah, yang kita ketahui, berkat aturan ini, mungkin akan membuat pusing para produsen Smartphone meskipun itu adalah brand besar. Yang di 2016 dengan 20% aja masih pada kesulitan, terbukti dengan Smartphone 4G yang 4G nya dikunci begitu rilis di Indonesia, seperti yang terjadi di beberapa produk Coolpad, InFinix dan Xiaomi.

Ketika sudah ada tiga produk dirilis, maka sudah seharusnya membuat pabrik dan meningkatkan kandungan TKDN nya.

Dan seperti yang bisa diduga, beberapa pabrikan mungkin saja memilih angkat kaki dari Indonesia, seperti OnePlus.

Aturan TKDN Smartphone 4G jadi 30% per-2017: Harapan Produk Impor makin Kecil d

Sumber: CNN Indonesia

Lain cerita dengan brand Smartphone lokal yang beberapa sudah punya pabrik sendiri di Indonesia, seperti Axioo. Dan menjadi salah satu vendor yang berada pada daftar atas persiapan pemenuhan TKDN.

Saat ini beberapa toko online atau importir yang biasa menghadirkan produk bergaransi resmi masih memilih siasat yang sama yang lebih efisien, yakni mengunci fitur 4G agar tidak terkena regulasi TKDN, selanjutnya biar para pengguna yang berkutat bagaimana 4G Tersebut bisa berfungsi dengan baik, mulai dari trik hingga OTA.

Deteksigadget