Microsoft Lumia dengan Windows Phone di Indonesia sudah Tewas??

Deteksi Gadget April 29, 2017

Lama tak mendengar kabar dari keluarga Microsoft Lumia, kabar terakhir smartphone ini di Indonesia adalah pada kuartal pertama tahun 2016 lalu, artinya sudah setahun berselang dari saat ini. Ya, kabar tidak sedap justru datang jelang akhir April 2017 ini.

Microsoft Lumia dengan Windows Phone di Indonesia sudah Tewas?? 1

Smartphone Lumia terakhir yang dihadirkan di Indonesia adalah Microsoft Lumia 950 dengan harga 9 Juta Rupiah pada akhir Desember 2015 lalu. Sedangkan untuk produk global adalah Microsoft Lumia 650 sebagai penerus dari Lumia 640.

Kilas balik lebih jauh, Smartphone Microsoft Indonesia pertama adalah Lumia 535 yang eksis pada Desember 2014 lalu, sehingga bisa diambil kesimpulan kalo seri Microsoft Lumia di Indonesia hanya eksis paling lama 1,5 tahun saja di Indonesia.

Tewasnya smartphone Microsoft Lumia

Dalam berita yang dilansir oleh Express.co.uk, Microsoft Lumia tidak mendapat hasil yang memuaskan, penjualan begitu buruk yang berakhir dengan pemecatan ribuan karyawan, bahkan mereka sudah “gak punya duit” lagi untuk membuat smartphone baru.

Penghentian terakhir penjualan smartphone mereka bakal berakhir pada Juni atau Juli 2017 ini. Sedangkan di Indonesia tampaknya lebih cepat lagi, karena di website resmi dan facebook Microsoft Indonesia sudah tak ada lagi kabar promosi penjualan semenjak akhir 2016 lalu.

10 Smartphone Microsoft Lumia yang Mendapat Windows 10 Mobile s

Pengumuman untuk kuartal pertama 2017 menyebutkan bahwa penjualan menurun $730 juta dari tahun 2016 yang mencapai $735 Juta di kuartal yang sama. Itu artinya di 2017 ini pendapatan hanya $5 Juta saja, wow banget.

Bahkan yang menyedihkan adalah, cuma 0.3% saja dari seluruh smartphone yang terjual di dunia adalah Windows Phone, data tersebut bersumber dari kuartal terakhir tahun 2016.

Sudah gak ada harapan sepertinya, tak ada material baru ataupun pengembangan berkelanjutan untuk smartphone penerus. Kini semua smartphone Microsoft Lumia sudah berumur lebih dari setahun.

Bagi pengguna Microsoft Lumia series di Indonesia, tidak perlu khawatir dengan software karena pembaruan akan terus berlanjut, termasuk Windows 10 Phone Creator yang khusus di Lumia 640 dan Lumia 950.

Mengapa kok Smartphone Microsoft Lumia Penjualannya Buruk?

Berdasarkan analisis deteksigadget.com, Pengguna smartphone selalu memilih smartphone yang sempurna. Sedangkan di Microsoft Lumia, kesalahan ada pada perangkat keras dan lunaknya.

Rata-rata smartphone Microsoft memiliki harga yang lumayan mahal untuk spesifikasi yang didapatkan, Misalnya Lumia 950 yang dijual seharga 9 juta Rupiah dengan spesifikasi rendah. Walaupun tidak sampai 6 bulan berselang, harganya turun 1 juta Rupiah.

Dan tebak berapa harga Lumia 950 sekarang di Indonesia? Cuma 4 juta rupiah saja,,, hahaha… :mrgreen:

Microsoft Lumia 950 dan 950 XL dengan Windows 10 Diumumkan ww

Berikutnya adalah karena OS Windows Phone yang belum stabil, banyak bug dan pengguna cukup banyak direpotkan. Salah satu parade bug besar adalah pada saat update major ke Windows Phone 10, disitu banyak caci maki dan keluh kesah pengguna yang dituangkan ke media sosial. Viral itulah yang membuat konsumen potensial jadi beralih.

Dan tentu saja yang tidak bisa diabaikan adalah begitu ganasnya ekspansi smartphone Android dengan segala kelebihan di segala hal. Bila diibaratkan pada peradaban, disaat Lumia baru bisa membuat gubuk, maka Android sudah bisa membuat kapal perang luar angkasa.

Microsoft Lumia 435 DS dan Lumia 532 DS Segera Hadir di Indonesia w

Masalah lebih pelik saat jelang akhir 2016 lalu, saudara tiri bernama Nokia kembali bangkit dengan smartphone Android dan mencuri perhatian seutuhnya, membuat manusia lupa akan Lumia yang sempat jadi trademark.

Oke, kini Dunia kembali ke persaingan dua OS saja, yakni Android dan iOS. Windows Phone sudah tersingkirkan, tapi bisa jadi ada plot twist tak terduga dari Microsoft, imajinasi liar kami adalah akuisisi Nokia seutuhnya termasuk menjalankan Android di perangkat tersebut… yeahh… kita tidak tau apa yang akan terjadi kedepannya.

Deteksigadget