Vivo V7+ VS Oppo F5: Duel Snapdragon VS Mediatek 1

Vivo V7+ VS Oppo F5: Duel Snapdragon VS Mediatek

Yang paling Hot saat ini adalah duel antara dua brand kakak adek dengan dua andalan yang bagai pinang dibelah kampak, yakni Vivo V7+ dan Oppo F5 series, keduanya juga menjadi ajang adu kuat persaingan chip Qualcomm dan Mediatek.

Vivo V7+ VS Oppo F5: Duel Snapdragon VS Mediatek 1

Keduanya dibekali dengan basis spesifikasi yang sama dan dirilis dalam kurun waktu yang sama, memang panas sekali persaingan keduanya, di dunia nyata pun kedua icon badut masih sering tempur dan viral.

Nah, baik itu Vivo V7+ dan Oppo F5 memiliki layar 6 inci, Vivo V7 tidak kami masukkan disini karena memang berbeda alam, maksudnya beda ukuran layar yang cuma 5.7 inci saja. Oke, mari kita mulai.

Desain: Kembar tapi Beda

Memang dasarnya kakak adek, desainnya sama persis, mulai dari tampak depan, posisi komponen di belakang dan garis antena, yang beda cuma bentuk fingerprint-nya saja. Dimensi dan bobotnya juga kurang lebih sama, tidak ada perbedaan yang signifikan.

Layar: Sama tapi Beda

Keduanya memang punya layar 6 inci ber-aspek rasio 18:9, tapi resolusinya beda, Vivo V7+ masih HD 1440 x 720 pixel sehingga kerapatan piksel menjadi 296ppi, sedangkan Oppo F5 sudah Full HD 2160 x 1080 pixel dan menghasilkan 402 ppi.

Rasio layar ke bodi kurang lebih sama, Vivo V7+ memiliki perlindungan Gorilla Glass, sedangkan Oppo F5 tidak jelas jenis protektornya. Tapi tetap unggul F5.

Resmi! Oppo F5 rilis Tanggal 13 November: Cek fitur Kameranya! 3

Duel Mesin Baru: Mediatek vs Qualcomm

Vivo V7+ dibekali prosesor baru 1.4Ghz Octa Core Qualcomm Snapdragon 450, sebagai penerus dari Snapdragon 435, hasil pengujian AnTuTu berada di kisaran 60 ribu atau lebih rendah.

Sedangkan Oppo F5 dibekali prosesor 2.5Ghz Octa Core Mediatek Helio P23 terbaru yang mendapatkan angka diatas 65 ribu. Benchmark bukanlah segalanya, walaupun begitu Helio P23 memang chip baru kelas menengah yang dibanggakan Mediatek berkat dukungan kekinian di semua sektor, terutama kamera dan performa multimedia.

Yang ditonjolkan Helio P23 disini adalah penggunaan GPU Mali G71 terbaru, sangat apik untuk menjadi pesaing Adreno 506 di SD450.

Oppo F5 dirilis: Layar 6 inci 18:9, Helio P23, Face Unlock, Selfie Expert! 1

Kesan chip Mediatek yang lebih inferior dibanding Qualcomm memang cukup kuat, sebelumnya sempat beredar brosur di Filipina dan Malaysia, cuma tertulis kata “2.5Ghz Octa Core” itu saja, kemana kata Mediatek nya? Yeah, secara total, sepertinya Oppo F5 menang lagi.

Memori : Sesuaikan dengan Kebutuhan

Keduanya punya tipe memori yang berbeda, Vivo V7+ memiliki kombinasi RAM 4GB dan ROM 64GB, sedangkan Oppo F5 tersedia dua tipe, yakni RAM 4GB + ROM 32GB, dan satu lagi dengan RAM 6GB + ROM 64GB. Tersedia slot kartu SD maksimal 256GB yang mandiri.

Semakin tinggi kapasitasnya bakalan makin mahal, jadi ini tinggal penyesuaian sesuai kebutuhan saja, tidak ada benturan langsung disini.

Vivo V7+ dirilis: Phablet Full Display dengan Kamera Selfie 24MP 1

Aspek Fotografi : Duel Kamera Selfie

Gak ada banyak-banyakan lensa kamera disini, semuanya tunggal. Vivo V7+ dibekali kamera belakang 16MP dengan PDAF, f/2.0, OmniVision OV16880 dan LED Flash, sedangkan Oppo F5 juga punya kamera belakang 16MP tapi dengan f/1.8, PDAF dan LED Flash, imbang kayaknya.

Vivo V7+ memiliki kamera selfie 24-Megapixel yang juga ditemani selfie Flash, f/2.0 dan juga 4x digital Zoom. Sedangkan Oppo F5 dengan 20MP f/2.0.

Kekuatan chipset bisa sangat berpengaruh, salah satu pertimbangan Oppo memilih Helio P23 mungkin karena chipset ini mendukung sektor fotografi dan memiliki teknologi kamera yang maksimal.

Vivo V7+ dirilis: Phablet Full Display dengan Kamera Selfie 24MP 5

Keduanya memiliki teknologi AI yang mendukung kualitas selfie hingga tahap maksimal, masing-masing adalah Face Beauty 7.0 dan A.I. Beauty. Diatas kertas, Vivo memang lebih unggul, pembuktian sebenernya adalah di lapangan.

Baterai: Bedanya dimana?

Beda tipis, Vivo V7+ dengan 3225 mAh dan Oppo F5 dengan 3200 mAh, 25 mAh tidak akan memberikan perbedaan. Keduanya juga tidak dilengkapi fast charging.

Sistem: UI dan Konektivitas

Vivo V7+ menjalankan Funtouch OS 3.2 berbasis Android 7.1, sementara Oppo F5 menjalankan Color OS 3.2 berbasis Android 7.1, baik itu Fontouch maupon Color sebenernya basisnya sama aja, beberapa malah menganggap cuma beda di nama.

Keduanya memiliki fitur pengenal wajah, Vivo dengan Face Access dan Oppo dengan face unlock.

Konektivitas keduanya juga sama, yakni 4G LTE dengan VoLTE, 3G, Wi-fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, GPS, A-GPS, spesial buat Vivo ada keterangan GLONASS juga. Port USB yang digunakan masih berukuran Mikro 2.0, sama-sama mengecewakan karena belum pakai tipe-C.

Harga

Yeah, makin besar memori nya, makin mahal pula harganya.

  • Vivo V7+: RAM 4GB + ROM 64GB: Rp. 4.699.000,-
  • Oppo F5: RAM 4GB + ROM 32GB: Rp. 3.999.000,-
  • Oppo F5: RAM 6GB + ROM 64GB: Rp. 5.199.000,-

Kesimpulan

Kedua produk ini punya basis spesifikasi yang sama, hanya beberapa hal yang berbeda.

Vivo V7+: Diatas kertas, phablet ini unggul dalam hal kamera selfie, baterai walaupun cuma unggul 25 mAh, proteksi layar dan konektivitas GLONASS.

Oppo F5: Unggul telak dalam hal resolusi layar dan sekaligus menjadi daya tarik signifikan, kemudian performa chipset, dan bagi kami teknologi kamera yang dimiliki Helio P23 juga menjadi kelebihan.

Vivo V7+ VS Oppo F5: Duel Snapdragon VS Mediatek f

Pertimbangan

Karena keduanya secara garis besar sama, maka yang menjadi titik duel adalah Snapdragon 450 dan Helio P23, memang nama Mediatek terkesan diremehkan, terutama yang memang fanatik dengan Qualcomm. Namun di masa kini Helio P23 begitu mumpuni baik secara performa maupun teknologi, terlebih menggunakan GPU Mali G71 yang bahkan sudah mengungguli Mali T880 di chip Mediatek lainnya.

Sedangkan pertimbangan kedua adalah kapasitas memori, keduanya memiliki slot kartu SD mandiri, artinya tidak perlu mengorbankan slot SIM 2 lagi, sehingga bisa leluasa memilih kapasitas memori bahkan yang terkecil sekalipun.

Pada akhirnya, tetap sesuaikan dengan budget yang ada.

Deteksigadget

2

No Responses

Write a response