Xiaomi melesat menjadi Brand Smartphone Terlaris No. 2 di Indonesia 3

Xiaomi melesat menjadi Brand Smartphone Terlaris No. 2 di Indonesia

Xiaominisasi memang sifatnya global, termasuk di Indonesia, walaupun cuma kelas rendahan Redmi saja yang eksis di Indonesia, tapi peminatnya tetap tinggi, inilah bukti canggihnya marketing era internet 2.0.

Xiaomi melesat menjadi Brand Smartphone Terlaris No. 2 di Indonesia 3

Ekspansi Xiaomi memang tidak bisa dianggap remeh, brand asal Cina ini mencatatkan rekor pertumbuhan di seluruh dunia, secara khusus pada titik-titik di wilayah tertentu dimana peminat gadget smartphone di angka yang baik.

Nah, spesial di Indonesia, Xiaomi sudah menjelma menjadi pabrikan smartphone nomer 2 dari segi penjualan, silahkan perhatikan pada gambar dibawah.

Sumber data ini dari Canalys yang menyebutkan kuartal pertama tahun 2018, dibandingkan dengan kuartal pertama dari tahun sebelumnya, yakni rentang 3 bulan dari Januari sampai Maret.

Yang pertamax tetap Samsung dengan market share 25.5 persen, itu artinya 1 dari 4 smartphone yang terjual di Indonesia adalah merek Samsung, wajar saja karena Samsung merilis hampir semua produknya di Indonesia.

Xiaomi melesat menjadi Brand Smartphone Terlaris No. 2 di Indonesia 1

Beda dengan Xiaomi yang walaupun sekitar setengah saja dari seluruh tipe produknya yang ada di Indonesia, alias cuma kelas Redmi, mereka berhasil meningkatkan penjualan sampai 1455% dengan total 1,7 juta unit, dan jatahnya mencapai 18.3%.

Berikutnya adalah Oppo dan Vivo dengan masing-masing penjualan 1,5 juta dan 600 ribu unit, jatahnya adalah 16.8% dan 6.5%. Kedua merek ini sering tampil di TV dan semua konter hape ada tulisan Oppo dan Vivo beserta badutnya, tentu saja target mereka adalah orang awam.

Terakhir adalah Smartfren, brand lokal yang selalu merilis produk kelas entry level dan juga sebagai operator kartu. Kami sendiri kurang yakin kalo Smartfren membukukan angka sampai 520 ribu, mungkin karena hitungan tersebut termasuk merek lain yang dibundling Smartfren.

Lumayan menarik, mungkin saja di akhir tahun ini atau awal bulan depan, klasemen bisa berubah lagi.

Deteksigadget

1

No Responses

Write a response